Saturday, July 20, 2019

Soal UKOM Radiografer beserta Kunci Jawaban 2019, 2020, 2021 Edisi 7

Soal UKOM Radiografer beserta Kunci Jawaban 2019, 2020, 2021 Edisi 7


Halo teman-teman sahabat uji kompetensi radiografer semuanya, dibawah ini telah kami siapkan untuk teman-teman sahabat radiografer latihan soal teoritis yang berhubungan radiologi bagi teman-teman semuanya untuk dapat sukses dan lulus uji kompetensi


Soal UKOM Radiografer beserta Kunci Jawaban 2019, 2020, 2021 Edisi 7
Soal UKOM Radiografer beserta Kunci Jawaban 2019, 2020, 2021 Edisi 7

Berikut ini telah kami siapkan 5 buah soal radiologi beserta kunci jawabannya.


1. Seorang Radiografer akan melakukan pemeriksaan LLD terhadap seorang pasien laki-laki Tn.E berusia 35 tahun. Berikut ini adalah posisi objek pada proyeksi pemeriksaan Left Lateral Decubitus (LLD) :

a. Pasien tidur miring sisi kiri tubuh menempel kaset sentrasi vertical tegak lurus film
b. Pasien supine diatas meja pemeriksaan dengan kaset vertical tegak lurus disamping tubuh pasien
c. Pasien tidur miring dengan sisi kiri pasien menempel meja pemeriksaan , kaset vertical tegak lurus menempel punggung, sentrasi horizontal tegak lurus kaset
d. Pasien tidur miring, sisi kanan pasien menempel meja pemeriksaan, kaset vertical tegak lurus menempel punggung, sentrasi horizontal tegak lurus kaset

Jawaban : c. Pasien tidur miring dengan sisi kiri pasien menempel meja pemeriksaan , kaset vertical tegak lurus menempel punggung, sentrasi horizontal tegak lurus kaset
Pembahasan :
Posisi Left Lateral Decubitus (LLD)

PP (Posisi Pasien) = Pasien berbaring miring dengan sisi kiri tubuh menempel pada meja pemeriksaan. kedua lengan ditekuk dengan lutut diletakkan agak ke depan bidang anterior abdomen.
PO (Posisi objek) = Kaset dan grid dengan ukuran sesuai kebutuhan dipasang dibelakang punggung secara vertikal dan diganjal agar posisinya terfiksasi. Pertengahan kaset berada pada garis yang menghubungkan kedua Crista iliaca. Bidang median sagital (MSP) berada sejajar dengan meja pemeriksaan dan tegak lurus kaset. Kaset harus mencakup diafragma



2. Penahan terbaik dan efektif untuk radiasi sinar-X menggunakan perisai dari…

a. Aluminium
b. Besi
c. Tembok
d. Timah hitam

Jawaban : d. Timah hitam
Pembahasan :
Sinar x mempunyai beberapa sifat fisikyaitu daya tembus, pertebaran, penyerapan, efek fotografik, fluoresensi, ionisasi dan efek biologik, selain itu, sinar x tidak dapat dilihat dengan mata, bergerak lurus yang mana kecepatannya sama dengan kecepatan cahaya, tidak dapat difraksikan dengan lensa atau prisma tetapi dapat difraksikan dengan kisi kristal. Dapat diserap oleh timah hitam, dapat dibelokkan setelah menembus logam atau benda padat mempunyai frekuensi gelombang yang tinggi.



3. Dosis pasien tergantung pada pengaturan factor eksposi yang diberikan. Diantara jenis penyinaran AP Abdomen, PA Chest (Thorax), Lateral lumbal spine, Lateral skull, manakah yang diperkirakan memberi dosis paling besar?

a. Lateral skull
b. Lateral lumbal spine
c. AP Abdomen
d. PA Chest

Jawaban : b. Lateral lumbal spine
Pembahasan :

Dosis permukaan masuk (mGy) pada Anak usia 10 tahun yang teramati di Eropa


Minimum Maksimum Median
Thorax AP/PA 0,02 1,16 0,07
Thorax AP (mobile) 0,03 0,76 0,09
Thorax Lat 0,04 1,98 0,15
Kepala AP/PA 0,13 5,21 1,04
Kepala Lat 0,11 3,79 0,58
Pelvis AP 0,09 4,17 0,81
Thoracic spine PA/AP 0,20 4,31 0,89
Thoracic spine Lat 0,30 6,66 1,63
Lumbar spine AP 0,13 5,69 1,15
Lumbar spine Lat 0,25 23,5 2,443
Abdomen AP/PA 0,15 3,98 0,73



4. Seorang radiografer inign melakukan melakukan foto penyinaran terhadap pasien mr.C yang akan memeriksa foto gigi premolar atas dan bawah. Pada setiap foto gigi, radiographer tidak boleh memegang film dikarenakan:

a. Film rusak
b. Film akan bergerak
c. Akan menerima dosis radiasi yang cukup tinggi
d. Mengotori mulut pasien

Jawaban : c. Akan menerima dosis radiasi yang cukup tinggi
Pembahasan : Cukup jelas



5. Seorang radiolgrafer akan melakukan tindakan penyinaran terhadap pasien laki-laki Mr.Ay berusia 35 tahun dengan menggunakan sinar X. Keharusan adanya surat rujukan dari dokter tentang dilakukannya suatu pemeriksaan menggunakan sinar-X merupakan asas persyaratan proteksi radiasi yaitu..

a. Justifikasi
b. ALARA
c. Optimisasi
d. Limitasi

Jawaban : a. Justifikasi
Pembahasan :
Asas Justifikasi atau Pembenaran
  • Asas ini menghendaki agar setiap kegiatan yang dapat mengakibatkan paparan radiasi hanya boleh dilaksanakan setelah dilakukan pengkajian yang cukup mendalam dan diketahui bahwa manfaat dari kegiatan tersebut cukup besar dibandingkan dengan kerugian yang akan ditimbulkannya.




Demikianlah artikel dari ukom-radiografer.blogspot.com yang berjudul Soal UKOM Radiografer beserta Kunci Jawaban 2019, 2020, 2021 Edisi 7. Semoga tulisan dan artikel kami diatas dapat bermanfaat dan berguna bagi teman-teman sahabat semuanya. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi ya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon