Saturday, October 5, 2019

Contoh Soal Radiologi Kedokteran (Pemeriksaan dan Diagnosa) Edisi 33

Contoh Soal Radiologi Kedokteran (Pemeriksaan dan Diagnosa) Edisi 33


Berikut ini kami siapkan contoh latihan Soal Radiologi Kedokteran (Pemeriksaan dan Diagnosa) yang terdiri dari 4 buah soal Edisi ke 33 beserta kunci jawaban dan pembahasan


Contoh Soal Radiologi Kedokteran (Pemeriksaan dan Diagnosa) Edisi 33

Hai sahabat semuanya, kali ini memasuki pekan edisi yang ke 33 kami bersama teman-teman semuanya. Berikut ini adalah 4 buah soal Soal Radiologi Kedokteran disertai jawaban. Selamat belajar ya


1. Seorang anak laki- laki berusia 6 tahun dibawa orang tuanya ke praktek dokter umum dengan keluhan sering demam nglemeng. Keluhan disertai batuk dan pilek, dan diketahui terdapat riwayat kontak dengan penderita TB dewasa. Bagaimanakah hasil pemeriksaan radiologis yang mungkin didapatkan pada pasien tersebut?

a. Infiltrat mengawan di apex
b. Infiltrat perihiler dengan limfadenopati hilus
c. Kavitasi multiple
d. Gambaran fibrosis dengan penarikan hilus
e. Fibrosis dengan tenting diafragma

Jawaban : b. Infiltrat perihiler dengan limfadenopati hilus



2. Seorang laki- laki 30 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan demam tidak terlalu tinggi, pruritus dan sering berkeringat pada malam hari. Keluhan dirasakan sejak 3 minggu yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan pembesaran nodus limphatikus di regio supraklavikula berdiameter 3cm., konsistensi kenyal dan tidak nyeri saat dipalpasi. Pada pemeriksaan foto polos dada didapatkan kesan adnya limfoadenopati meiastinal. Apakah penyebab yang paling mungkin atas keluhan yang dialami pasien tersebut?

a. TB
b. Ca metastatik
c. Penyakit limfoma hodgkin
d. Sarkoidosis
e. Mononukleosisinfeksiosa

Jawaban : a. TB



3. Seorang perempuan berusia 66 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan batuk sejak 1 bulan yang lalu. Batuk berdahak, kadang disertai darah. Keluhan disertai penurunan nafsu makan dan penurunan BB. Diketahui pasien adalah seorang perokok dan masih menggunakan kayu bakar untuk memasak. Pada pemeriksaan foto polos didapatkan gambaran hilus menebal disertai gambaran radioopasitas homogen bentuk noduler dengan spikulasi. Apakah diagnosis yang paling mungkin untuk kasus tersebut?

a. Pneumonia
b. TB
c. a paru
d. Bronkitis
e. Alveolitis fibrosa

Jawaban : c. a paru



4. Seorang laki- laki berusia 43 tahun datang ke praktek dokter umum dngan keluhan batuk berdahak. Keluhan dirasakan sejak 2 minggu yang lalu disertai demam dan badan terasa lemas. Pada pemeriksaan foto polos dada didapatkan gambaran lesi bulat dengan air fluid level dan dinding tegas di lobus inferior kanan. Pada pemeriksaan histopatologi didapatkan konsolidasi pada paru setempat . apakah diagnosis yang paling tepat untuk kasus tersebut?

a. Bronkiektasis
b. Bronkopneumonia
c. TB paru
d. Bronkitis
e. Pneumonia

Jawaban : e. Pneumonia




Demikianlah artikel singkat dari kami diatas. Semoga artikel dengan judul Contoh Soal Radiologi Kedokteran (Pemeriksaan dan Diagnosa) Edisi 33. Ayo ajak teman-teman radiolgrafer maupun dokter untuk belajar soal-soal radiologi disini dan ramaikan blog kita ini. Terimakasih teman-teman atas kunjunganya, sampai jumpa dan ketemu lagi dengan latihan radiologi kedokteran selanjutnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon