Tuesday, October 1, 2019

Latihan Raidologi Dokter Beserta Jawaban Edisi 29

Latihan Raidologi Dokter Beserta Jawaban Edisi 29


Berikut ini kami siapkan contoh latihan soal Uji Kompetensi (UKOM) Radiografer Indonesia yang terdiri dari 4 buah soal Edisi ke 29 beserta kunci jawaban dan pembahasan


Latihan Raidologi Dokter Beserta Jawaban Edisi 29

Hai sahabat semuanya, kembali lagi kita akan menyajikan latihan soal-soal untuk teman-teman semuanya disni. Berikut ini kami siapkan sebuah latihan soal UKOM Radiologi Kedokteran disertai jawabannya. Selamat belajar ya


1. Seorang perempuan 40 tahun datang ke praktek dokter umm dengan keluhan nyeri ulu hati sejak 3 minggu yang lalu. Keluhan dirasakan saat perut kosong. Dan sedikit membaik setelah makan atau minum obat maag. Keluhan disertai mual, kadang muntah, penurunan nafsu makan dan penurunan BB. Pada pemeriksaan fisik didapatkan nyeri tekan epigastrium. Dokter menyarankan pasien untuk menjalani pemeriksaan radiologis menggunakan bahan kontras. Apakah gambaran yang mungkin didapatkan pada pemeriksaan tersebut?

a. Gambaran apple core
b. Gambaran cobble stone
c. Gambaran skip lesion
d. Gambaran ulcer collar
e. Gambaran hose pipe

Jawaban : d. Gambaran ulcer collar



2. Seorang perempuan 33 tahun diantar keluarganya ke UGD dengan keluhan nyeri perut hebat sejak 3 jam yang lalu. Pada pemeriksaan fisik didapatkan distensi abdomen dengan nyeri tekan ada titik Mc Burney. Pada pemeriksaan foto abdomen 3 posisi tampak gambaran air fluid level, distensi udara usus, gambaran seperti duri ikan dan gambaran udara bebas subdiafragma dextra pada posisi semierect. Apakah diagnosis yang paling mungkin untuk kasus tersebut?

a. Iliusparalitika
b. Iliusobstruktiva tinggi
c. Ilius fungsional
d. Ilius obstruktiva rendah
e. Ilius obstruktiva dengan perforasi

Jawaban : d. Ilius obstruktiva rendah



3. Seorang laki- laki 35 tahun datang ke praktek dokter umum dengan keluhan nyeri pinggang sebelah kanan. Keluhan dirasakan sangat nyeri dan seperti berdenyut. Pada pemeriksaan fisik ginjal didapatkan nyeri ketok pada sudut kostovertebra kanan. Dokter menyarankan untuk dilakukan pemeriksaan foto pada saluran kemih dengan memasukkan suatu bahan kontras. Apakah persiapan yang harus dilakukan pasien sebelum pemeriksaan foto tersebut?

a. Pemeriksan ureum, kreatinin, dengan nilai maksimal kreatinin <4
b. Pemberian laksansia sesaat sebelum dilakukan pemeriksaan
c. Skin test subkutan bahan kontras diperlukan jika pasien mempunyai riwayat alergi.
d. Pasien dianjurkan mengurangi bicara dan merokok sebelum pemeriksan
e. Pasien diperkenankan kencing sebelum pemeriksaan

Jawaban : d. Pasien dianjurkan mengurangi bicara dan merokok sebelum pemeriksan



4. Seorang laki- laki 40 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan BAK bercabang dua. Keluhan disertai pancaran BAK menjadi kecil, dan terkadang terasa susah BAK. Diketahui 3 tahun yll pasien mengalami kecelakaan sepeda dengan posisi selangkangan membentur rangka sepeda. Dokter menyarankan pasien untuk menjalani antegrade uretrograf. Apakah kemungkinan diagnosis kasus tersebut?

a. Striktur uretra posterior
b. Urethrolithiasis
c. Trauma ureter
d. Epididimitis
e. BPH

Jawaban : a. Striktur uretra posterior




Demikianlah artikel singkat dari kami diatas. Semoga artikel dengan judul Latihan Raidologi Dokter Beserta Jawaban Edisi 29. Terimakasih teman-teman atas kunjunganya, sampai jumpa dan ketemu lagi dengan latihan radiologi kedokteran selanjutnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon